Jay Park : "Sebagai seorang komposer dan produser, aku mengerjakan album baru U-KISS"

Jay Park baru-baru ini telah menyelesaikan masa promosi album solo terbarunya, “TAKE A DEEPER LOOK“, yang telah memberinya banyak kesuksesan. Lagu andalannya untuk album ini, ‘Abandoned‘, mendapat peringkat pertama selama 2 minggu berturut-turut dalam program musik KBS Music Bank.

Sayangnya, ia terlihat belum sepenuhnya puas dengan apa yang telah diraihnya ini, seperti yang baru-baru ini ia katakan, “Aku pikir aku tidak mempunyai daya tarik yang bisa membuatku terkenal. Meski begitu, aku pikir ini hanya berlangsung pada saat ini saja, inilah kesempatan untukku agar aku bisa melakukan apa yang aku inginkan. Aku benar-benar ingin memperlihatkan bahwa setiap laguku harus bagus, tanpa memperhatikan daya tariknya. Aku menulis lirik untuk ketujuh laguku dan ikut membuat komposisi musik untuk keenamnya, selain fokus pada seni dari albumku dan musik video-nya. Aku cukup puas karena aku telah dapat melepas image ‘idol’-ku dan kembali ke industri musik ini sebagai penyanyi sekaligus pencipta lagu.”

Dalam perjalanannya untuk kembali ke industri musik Korea, Jay Park banyak mendapat teman baru. Ia mengungkapkan, “Aku dengar bahwa aku tiba-tiba berubah. Aku percaya bahwa musik hip hop dan R&B adalah apa yang aku inginkan untuk aku kejar. Bahkan semenjak aku masih kecil, aku telah mendengarkan banyak jenis musik yang berbeda-beda, dan hal terebut telah menjadi bagian dari hidupku. Tentu saja, ini semua adalah berkat bantuan yang aku dapat dari teman-temanku seperti Dok2 dan The Quiett yang selalu berada disisiku. Untuk seorang artis, bertemu dengan seorang partner yang baik adalah hal yang sangat vital untuk musikmu.”

Ia melanjutkan, “Aku bertemu dengan Ne-Yo dan Musiq Soulchild. Bertemu dengan musisi sekaliber dunia seperti mereka itu sangat bermakna bagiku, tapi aku pikir mungkin kami tidak akan bisa melakukan kegiatan bermusik kami bersama-sama jika aku tak dapat berteman bak dengan mereka. Sejujurnya, aku tidak begitu banyak tau tentang musik hip-hop di Korea. Sebelumnya, aku hanya tau Tiger JK, dan hanya itu. Namun kemudian aku bertemu dengan teman-temanku sekarang dan menjadi penggemar dari musik-musik mereka, dan aku ingin bekerjasama dengan mereka. Dok2 dan The Quiett adalah temanku yang seperti itu.”

Jadi jelas bagi para fans bahwa Jay Park tidak membawa musiknya ke jalur marketing semata. Ia mengambil langkah kecil dan mengerjakannya dengan sungguh-sungguh, meyakinkan bahwa setiap langkah yang ia buat memiliki arti dan tujuan yang besar. “Aku hanya mengharapkan satu hal: Aku tidak berpikir untuk memberli sebuah mobil mewah, rumah mewah, atau semacamnya. Aku hanya mengharapkan orang-orang disekitarku bisa hidup dengan nyaman dan bahagia. Ini seperti pergi bermain dengan teman-temanku, tidak membuat orangtuaku khawatir, dan membelikan adikku mainan yang ia inginkan, yah hal-hal semacam itu. Ini adalah sesuatu yang aku tidak dapatkan ketika aku memiliki kesuksesan yang besar.”

Berbeda dengan harapan yang ia miliki untuk hidupnya, keinginannya untuk bisa melebarkan sayapnya ke pasar musik Amerika sangat jelas dan hebat; ia bahkan memberikan target untuk hal ini, yakni 2 tahun.

“Sejujurnya, aku percaya diri dengan hal ini,” ujar Jay. “Aku pikir hal yang paling penting bukan masalah dengan siapa aku bekerjasama, mebaca trend, dan promosi yang dilakukan. Aku pikir yang terpenting adalah kesungguhan. Jika aku bermusik di Amerika, aku dapat merasa jujur. Aku mendengarkan musik pop dari semenjak aku masih kecil dan kemudian aku semakin memgerti jenis musik mereka. Aku menulis lirik rap-ku dalam bahasa inggris terlebih dahulu, dan aku telah memiliki manager untuk mengurus kegiatanku di Amerika. Bahasa adalah hal yang cukup penting juga. Benar halnya bahwa aku membutuhkan hal tersebut untuk memperlihatkan kesungguhanku. Dua tahun, aku melihat itu sebagai waktu yang lama. Aku pikir itu cukup.”

Menutup wawancara, Jay Park berkata sambil tertawa, “Sebagai seorang komposer dan produser, aku mengerjakan album baru U-KISS, dan aku juga akan mengadakan konser dalam waktu dekat. Aki telah memiliki banyak lagu yang aku buat; Aku pikir mini albun keduaku juga akan dapat diselesaikan dengan cepat. Sejujurnya, aku memiliki jadwal untuk syuting film, dan aku merasa tidak puas karena dengan itu aku telah menyia-nyiakan waktuku yang seharusnya bisa aku pergunakan untuk mengerjakan musikku. Aku akan merasa tenang jika semua kegiatanku tersebut bisa selesai sebelum waktu yang telah aku targetkan.”

Source : Maeil Economy via Nate via Allkpop

Indo trans by : missjutek@hallyucafe

via hallyucafe

0 komentar: